Apa itu Prosesor? Inilah Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa yang dimaksud dengan prosesor? Pertanyaan tersebut pasti pernah anda dengar atau bahkan anda sendiri yang menanyakannya.

Tentu hal ini berkaitan dengan suatu peralatan yang memang saat ini selalu digunakan untuk menunjang kegiatan kita sehari-hari.

Meski bisa dikatakan bahwa sebagian besar orang sudah mengenal prosesor, namun terkadang mereka belum mengetahuinya secara pasti.

Oleh sebab itu, disini saya akan menjabarkan secara lengkap agar anda benar-benar bisa memahaminya dengan tepat dan tidak kebingungan saat ada yang menanyakannya.

Pengertian Prosessor


Pengertian prosesor merupakan salah satu dari sekian banyak komponen penting yang ada pada komputer yang fungsinya tidak terlepas dari pemrosesan data. Selain itu perangkat keras ini juga melakukan pengontrolan pada sistem yang ada pada komputer. Processor juga dapat disebut sebagai otaknya komputner. Secara singkatnya, processor bekerja guna melakukan perhitungan dan menjalankan perintah-perintah oleh pengguna atau user.

Dalam sebuah komputer, Processor selayaknya mesin yang dalam kinerjanya memerlukan bantuan komponen-komponen lain seperti memory, mainboard, dan masih banyak lagi yang lainnya. Letak dari prosesor ini biasanya ada di motherboard dan memang diletakkan pada socket yang telah tersedia.

Uniknya, processor pada sebuah komputer ternyatadapat diganti dengan jenis yang lain, tetapi, processor penggantinya haruslah sesuai dengan socket yang ada pada motherboard tersebut. Pasalnya, apabila tidak sesuai, maka processor tidak akan terhubung dengan komputer. Bahkan, tidak akan dapat terpasang di socket motherboard.

Fungsi Prosesor


Memahami fungsi prosesor sebuah proses dilakukan dengan cara mengetahui 3 bagian utama yang ada padanya:

- Control Unit (CU)

Perlu diketahui bahwa semua peralatan yang ada pada sistem komputer dikendalikan dan juga diatur oleh bagian ini. Perpindahan data yang asalnya dari memori utama akan dieksekusi pada bagian CU ini. Setelahnya akan dikirim kembali hasilnya ke dalam memori utama. Setelah itu layar monitor pun akan menampilkan hasil outputnya maupun harddisk akan menyimpan data hasil olahan tersebut.

- Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Selanjutnya adalah perhitungan matematika / aritmatika yang semuanya dilakukan di Bagian ALU ini, tanpa ada pengecualian. Selain itu, jika program maupun software yang sedang kita gunakan tiba-tiba mengalami masalah maka akan ada Informasi yang akan ditampilkan dalam bentuk peringatan kesalahan (Error Warning) yang akan otomatis tampil pada layar monitor. Kesemuanya itu dilakukan pada bagian ALU ini. Adapun intinya ialah pada bagian ALU ini menjadi bagian LOGIKA untuk mengambil keputusan

- Registry (Register)

Register ialah tempat untuk ngantri data-data yang akan diproses. Hal ini terjadi sebelum data tersebut masuk ke dalam memori utama. Meskipun bagian ini menjadi media penyimpanan kecil tetapi tetap mempunyai kecepatan akses yang tinggi.

Cara Kerja Prosesor


Cara kerja Prosesor yaitu dengan bantuan menjalankan sekumpulan instruksi mesin yang akan memberitahu processor terkait apa saja yang harus dilakukan. Hal demikian didasarkan pada instruksi itu. Prosesor biasanya melakukan 3 (tiga) hal dasar diantaranya:

- Menggunakan ALU yang merupakan kepanjangan dari Arithmetic Logic Unit) yakni untuk aktifvitas matematis seperti halnya penambahan, pengurangan, penambahan, pembagian serta pembagian. Mikro processor modern ini mengandung floating point unit yang bisa melakukan operasi-operasi yang bisa dikatakan sangat kompleks pada angka yang lumayan besar.

- Dilanjutkan dengan memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lain.
- Kemudian memusatkan pilihan dari instruksi lain yang disesuaikan dengan lokasi memori tersebut.

Secara sederhananya, cara kerja prossesor ini menerima umpan maupun perintah masuk (input) baik dari keyboard, mouse, maupun alat penginput data lainnya yang terhubung. Setelah itu, kemudian menerjemahkan maupun memproses sejumlah data yang kemudian mengirimnya kepada hardware maupun software yang terkait.

Jenis-Jenis Prosesor


Ada beberapa jenis prosesor yang harus diketahui:

- Jenis socket. Jenis Prosesor ini merupakan prosesor yang bentuk fisiknya persegi dengan panjang sisi yang sama. Pada bagian bawahnya terdapat sebuah pun yang akan menjadi konektor

- Jenis slot. Jenis ini merupakan prosesor yang bentuknya batangan dan dipasang dengan cara ditancapkan pada bagian khusus. Port ini disediakan dari slot model prosesor. Biasanya, prosesor yang memiliki slot ini banyak ditemukan pada jenis komputer pentium II maupun pentium III.

Saat memahami apa itu prosesor Maka juga harus diketahui ada beragam macam prosesor dari merek-merek tertentu yang memang sengaja diproduksi.

- Prosesor Intel

Macam prosesor yang satu ini memang sudah tidak asing lagi dalam dunia komputer. Intel memang menjadi salah satu perusahaan yang berhasil menguasai prosesor di dunia komputer. Bukti yang bisa dilihat ialah begitu banyaknya laptop maupun komputer yang menggunakan prosesor dari perusahaan intel ini. Adapun prosesor Intel ini sendiri dilahirkan oleh perusahaan Intel Corporation. Perusahaan ini menjadi sebuah perusahaan multinasional. Markasnya ada di Amerika Serikat dan sudah berdiri sudah ada sejak tahun 1968 sampai dengan sekarang, processor Intel memang sudah sudah banyak mengalami perkembangan.

- Processor AMD

Selanjutnya ada prosesor AMD yang menjadi pesaing perusahaan Intel. Apalagi hal-hal yang berkaitan dengan produk prosesor. Bukan hanya itu, AMD sendiri merupakan perusahaan semikonduktor skala multinasional yang berlokasi di Amerika Serikat. Tepatnya ada di Sunnyvale, California. AMD juga menjadi sebuah perusahaan terbesar kedua setelah Intel Corporation. Hal ini ada dalam urusan pemasok mikroprosesor di ranah global. Tepatnya pada tahun 200, perusahaan AMD ini berhasil menempati posisi 11 untuk segi pendapatan.

- Prosesor Apple

Tentu saja brand ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Penyebabnya tidak lain karena Apple Inc. Yang merupakan perusahaan yang orientasinya di bidang teknologi multinasional. Pusat kantor Apple sendiri ialah di Silicon Valley, Cupertino, California. Perusahaan Apple ini sendiri memfokuskan dalam bidang pengembangan, perancangan, serta penjualan produk-produk elektronik seperti halnya komputer pribadi sampai pada perangkat lunak komputer. Perlu diketahui bahwa pada awalnya, perusahaan Apple Inc ini mempunyai nama Apple Computer, Inc yang awal berdirinya pada tanggal 1 April 1976. Namun, kata “Computer” kemudian tidak diikutkan lagi sejak tanggal 9 Januari 2007 lalu karena pada saat itu Apple meluncurkan produk berupa smartphone, yang diberi nama IPhone.

- Processor Cyrix VIA

Selanjutnya ada pengembang yaitu Cyrix VIA. Nama ini mungkin masih terbilang jarang ataupun tidak pernah diketahui sebelumnya terkait dengan keberadaanya. Namun, Cyrix juga memiliki beberapa produk processor yang memang sudah berhasil di kembangkan. Cyrix merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengembang mikroprosesor. Perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1988, dan telah berhasil didirikan di Richardson, Texas. Setelah selama satu dekade lamanya, setelah masa didirikannya, perusahaan Cyrix akhirnya dengan resmi bergabung dengan National Semiconductor pada 11 November 1997. Setelahnya, di tahun 1999, perusahaan Cyrix berpindah tangan dan diakusisi oleh VIA.

Nah, itulah informasi lengkap apa itu prosesor, fungsi, cara kerja dan jenis-jenisnya. Tentu saja dengan memahami hal tersebut bisa menambah wawasan mengenai dunia teknologi yang sedang digunakan saat ini.