Apa itu VGA? Berikut Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa itu VGA? Sebagian orang yang sudah terbiasa berkutat dengan komputer pasti sudah mengetahui apa itu VGA. VGA adalah singkatan untuk Video Graphic Array, yakni sebuah perangkat keras yang dipasang ke dalam CPU (Central Processing Unit). VGA ini memiliki fungsi sebagai pengolah visual yang akan ditampilkan ke monitor. Hasil tampilan tersebut yang kemudian bisa kita lihat pada sebuah layar monitor ataupun laptop.

Perangkat keras ini memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah laptop ataupun PC, sebab bisa meningkatkan kualitas tampilan di layar PC ataupun laptop. Jika sebuah VGA memiliki kapasitas yang kecil dan prosesor yang kurang memadai, masalah akan muncul ketika PC atau laptop tersebut digunakan. Gambar yang muncul tidak akan terlalu bagus, sehingga mengganggu sekali bagi yang sedang bermain games maupun melakukan penyuntingan gambar. Ada patahan pada gambar yang seolah terlihat, gambar bisa menjadi macet-macet dan terasa tidak nyaman.

VGA adalah standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pembuat kartu grafis PC. VGA sering juga disebut VGA (SVGA) yang bisa membuat resolusi lebih tinggi dari 640 x 480 pixel. Misalnya saja 800 x 600 pixel atau 1024 x 768 pixel. Tahukan Anda bila sambungan VGA standar memiliki 15 pin dan bentuknya seperti trapezoid. Kartu grafis VGA berfungsi memberikan terjemahan yang divisualisasikan dalam bentuk graphic dari komputer ke monitor. Jadi VGA sendiri dapat diibaratkan sebagai pembaca kode-kode untuk kemudian diterjemahkan dalam bentuk gambar. Tampilan windows sendiri masih bisa didapat modus VGA karena masih didukung oleh produsen monitor dan juga kartu grafis.

Tips Memilih VGA

Untuk proses desain grafis dan juga pemutaran video maka diperlukan VGA atau kartu grafis dengan kualitas yang sangat tinggi. Produsen kartu grafis yang saat ini terkenal adalah ATI dan juga nVidia. Seperti halnya ketika bermain game, maka harus dipastikan agar sebuah komputer menampilkan sebuah gambar dengan kapasitas yang sangat besar. Bila VGA tidak sanggup menampilkan gambar dengan resolusi yang besar tersebut, maka komputer akan error. Standar grafis tersebut masih didanai oleh perusahaan ternama yang memproduksi monitor dan juga kartu grafis dan sampai detik ini VGA masih banyak digunakan.

Mengenali Fungsi VGA

Fungsi dari VGA atau kartu grafis adalah untuk menghasilkan dan juga menampilkan gambar ke display monitor. Saat ini semua motherboard sudah memiliki kartu VGA built-in, dengan kata lain sepaket dan tidak terpisah dengan motherboard tersebut. Fungsi dari kartu grafis atau VGA card tersebut dianggap tidak penting sebab biasanya sudah langsung menjadi satu dengan motherboard (VGA card on board). Hasilnya pengguna komputer bisa menggunakan komputernya untuk melakukan aktivitas multi tasking. Misalnya membuka micrsoft office dan juga browsing dalam satu waktu. Untuk itu tidak perlu lagi menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi.

Jika hal itu gagal, maka Anda harus menambahkan satu buah kartu VGA di dalam motherboard Anda. Beberapa processor ada yang mendukung tampilan on board dan beberapa ada pula yang tidak mendukung. Apa itu VGA dan fungsinya? Berikut ini adalah beberapa fungsi dari VGA:

1. Menerjemahkan langsung pesan atau disebut output komputer melalui monitor atau layar

2. Mentransfer sinyal digital tampilan grafis di layar atau monitor

3. Menyimpan data hard disk

4. Menjadi suplai untuk processor yang akan di proses

5. Memberi gambar atau desain grafis untuk bermain game

6. Menampilkan gambar dengan kualitas yang sangat bagus dan juga unggul

7. Memproses semua tampilan grafis yang akan ditampilkan pada monitor

Terkadang banyak sekali kesalahan terjadi pada komputer. Namun, sebenarnya ram dan juga processor tidak sangat memberikan efek pada performa atau tampilan game. Beberapa motherboard memiliki display on board dan beberapa lainnya tidak memiliki. Seseorang bisa mencari VGA atau kartu grafis yang lebih baik lagi bila ingin mendapatkan tampilan yang lebih baik dari yang ada di dalam PC miliknya. Hal itu adalah suatu kewajaran, sebab bagi para gamers hasil gambar video yang berkualitas tinggi adalah hal utama dari sebuah game yang dimainkan.

Bagaimana Cara Kerja VGA?


Monitor VGA dianggap sebagai kotak piksel di mana setiap piksel ialah sebuah elemen gambar yang dapat diatur ke warna tertentu. Ada sekitar 480 baris dan setiap baris terdiri dari 640 piksel, itu untuk ukuran 480 x 640 p. Untuk ukuran 720 x 1040 p, maka akan ada 720 baris dengan setiap barisnya terdiri dari 1040 piksel. Antar muka VGA bekerja secara serial, yakni informasi warna untuk masing-masing piksel dikirim satu demi satu, semuanya berlawanan sekaligus. Warna dapat diganti dengan menggunakan triplet yang terdiri atas intensitas masing-masing warna dasar, misalnya merah, hijau dan juga biru.
Fungsi dari VGA card ini akan terlihat sangat nyata sekali ketika bermain game ataupun menonton video dengan kualitas yang tinggi. Monitor mengharapkan nilai analog, dengan demikian DAC (Digital to Analog Convertor) bisa digunakan. Namun hal itu lagi-lagi bergantung dari jenis kartu monitor dan video yang digunakan di rumah Anda.

Jenis VGA Card dan Penggunaannya


Pada umumnya kartu grafis atau VGA card ini bisa dianggap sebagai komponen yang penting dan juga dianggap sebagai komponen yang tidak penting juga. Hal itu tergantung dari kebutuhan penggunaan komputer masing-masing. Jenis VGA berdasarkan dari bentuk fisik ada VGA on board dan juga ada VGA card add-on.

Apa itu VGA on-board? VGA on-board merupakan jenis VGA yang paling banyak digunakan dalam sebuah komputer atau laptop standar. VGA onboard artinya chip VGA digunakan bersamaan dengan motherboard. VGA jenis ini bekerja dengan cara memanfaatkan memori yang ada pada komputer atau dengan kata lain memanfaatkan RAM. Penggunaan VGA jenis ini banyak digunakan pada laptop berspesifikasi rendah, di mana grafik bukanlah kebutuhan utamanya.

Selanjutnya ada VGA Add-On atau VGA card, VGA yang satu ini letaknya terpisah dengan motherboard. Sehingga membutuhkan socket tertentu untuk menginstalnya. VGA ini bekerja sendiri dan tidak membutuhkan bantuan dari RAM. Sehingga apabila motherboard rusak, maka tidak perlu sekalian mengganti VGA. Hal itu sekaligus bisa menghemat pengeluaran ketika laptop atau PC mengalami kerusakan. Komputer yang menggunakan VGA jenis ini merupakan komputer yang canggih dengan spesifikasi yang lumayan tinggi. Biasanya komputer yang menggunakan VGA add-on adalah komputer gaming.

Sedikit informasi tadi semoga bisa menjawab pertanyaan mengenai apa itu VGA. VGA sendiri merupakan komponen yang sangat penting yang ada dalam sebuah perangkat laptop atau komputer. Bila tidak ada VGA maka dapat dipastikan tidak akan ada gambar yang muncul di layar monitor milik Anda. Pastikan Anda membeli laptop atau komputer dengan spesifikasi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari Anda.