Pemformatan Teks Pada Html

Performatan teks sendiri merupakan bentuk daripada perubahan yang terjadi pada teks. Seperti halnya teks tersebut menjadi tebal, bergaris bawah, miring, tercoret, superscript, subscript dan lain sebagainya.

Tentunya pada saat ingin membuat sebuah halaman HTML banyak sekali model tulisan yang dapat dipergunakan untuk dapat memperindah tampilan ataupun halaman web yang dibuat. Pada artikel ini penulis akan mengulas bagaimanakah pemformatan teks pada HTML yang dipergunakan, biasanya ketika memformat teks di dalam halaman website yang akan ditampilkan. 

#1 Tag <b>  

Ini merupakan tag yang berfungsi untuk menampilkan dengan menggunakan cetak tebal, penggunaan dari pada tabel ini dipergunakan dengan memasukkan perintah:
<b>selamat datang di istanaku kawan-kawan</b>


 

#2 Tag <strong> 

Tag ini sendiri memiliki fungsi untuk dapat menguatkan teks pada halaman HTML dan pada dasarnya memang memiliki fungsi yang sama dengan tag sebelumnya tag<b>. Yang mana berfungsi untuk membuat teks dengan cetak tebal. Tag ini sendiri memang dipergunakan dengan memasukkan perintah:
<strong>Selamat datang di istana ku kawan-kawan</strong>
Maka hasil yang akan ditampilkan nantinya adalah sebagai berikut




#3 Tag <em> 

Tag ini memiliki fungsi untuk dapat membuat penekanan pada teks dalam halaman html Anda. Adapun yang dimaksudkan di sini adalah Kalimat yang mirip sekaligus bercetak tebal. Tapi ini dipergunakan dengan melakukan perintah
<em> Selamat datang di istana ku kawan-kawan</em>.
Maka Anda akan melihat hasilnya sebagai berikut




#4 Tag<i> 

Tag ini memiliki fungsi untuk dapat membuat teks dengan format cetak miring pada halaman html Anda. Sebenarnya memang tag ini akan sama dengan tag<em>. Adapun memang penggunaan daripada tag ini bisa dimasukkan dengan menggunakan perintah:
<i> Selamat datang di istana ku kawan-kawan </i>
Maka anda akan menjumpai hasil seperti di bawah ini




 #5 Tag<sub> 

Tag ini sendiri merupakan perintah yang berguna sekali untuk menampilkan teks dengan posisi berada di bawah garis. 

Maksudnya disini adalah apabila kalimat dari setiap kata yang dibuat nantinya past dan di dalam satu garis lurus dan memiliki ukuran yang sama. Seolah-olah akan tampak kalimat tersebut berada tepat pada sebuah pembatas tapi memang jika Anda mempergunakan format tag ini pada sebuah kalimat atau pengangkatan. Maka kata tersebut nantinya berada di bawah garis pembatas tadi dan letak atau posisi nya juga berbeda dengan kalimat yang lainnya. Supaya lebih jelas Anda bisa memperhatikan contoh di bawah ini
<p>dahulu kala <sub>memang</sub>ada</p>
Maka akan menghasilkan keluaran seperti ini 




 Penjelasan code: Terlihat di atas bahwasannya penulis akan menampilkan kalimat ‘ dahulu kala memang ada ‘, tapi disini penulis membuat kata ‘memang’ (diapit oleh <sub>) sehingga berada sedikit agak ke bawah. 

#6 Tag <sup> 

Tag ini sendiri memiliki fungsi untuk dapat menampilkan teks pada posisi yang berada di atas garis, tapi ini tentunya hampir sama dengan tag sub. Jikalau sebelumnya akan menampilkan teks supaya berada tepat di bawah garis maka tag ini nantinya akan menampilkan teks supaya berada di atas garis.
<p>dahulu kala <sup>memang</sup>ada</p>
Tentunya Anda bisa mempergunakan contoh seperti halnya di atas hanya saja Anda bisa mengubah kodenya. Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini 




 Demikian adalah ulasan tentang pemformatan teks pada html semoga informasi di atas bermanfaat